Liek Toyota – Surabaya. Rotasi ban mobil termasuk salah satu bagian dalam merawat ban dan harus dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai jadwal dalam merotasi ban
mobil, dengan harapan mempunyai keausan yang rata pada semua ban, karena ban sebaiknya diganti semuanya secara bersamaan (kerja ban jadi optimal).
Kenapa ban mobil harus dilakukan rotasi ? karena tekanan yang terjadi pada ban mobil bagian depan dan bagian belakang pasti berbeda dan mempunyai ketergantungan terhadap beban dan kondisi jalan.
Front Wheel Drive
Rotasi Ban untuk 4 roda ban mobil :
Roda ban mobil kiri depan dipindahkan ke bagian kiri belakang, roda kiri belakang dipindahkan ke bagian kanan depan, roda kanan depan dipindahkan ke bagian kanan belakang, dan roda kanan belakang dipindahkan ke bagian kiri depan.
Rotasi Ban untuk 5 roda ban mobil :
Roda ban mobil kiri depan digunakan sebagai ban cadangan, roda ban cadangan dipindahkan ke bagian kiri belakang, roda kiri belakang dipindahkan ke bagian kanan depan, roda kanan depan dipindahkan ke kanan belakang, dan roda ban kanan belakang dipindahkan ke bagian kiri depan.

Rear Wheel Drive
Rotasi Ban untuk 4 roda ban mobil :
Roda ban mobil kiri belakang dipindahkan ke bagian kiri depan, roda kiri depan dipindahkan ke bagian kanan belakang, roda kanan belakang dipindahkan ke bagian kanan depan, dan roda kanan depan dipindahkan ke bagian kiri belakang.
Rotasi Ban untuk 5 roda ban mobil :
Roda ban mobil cadangan dipindahkan ke bagian kiri depan, roda ban kiri depan dipindahkan ke bagian kanan belakang, roda kanan belakang ke bagian kanan depan, roda kanan depan dipindahkan ke bagian kiri belakang, roda kiri belakang menjadi ban cadangan.
Pada buku manual mobil telah tersedia keterangan penganjuran untuk melakukan rotasi ban, sebaiknya rotasi ban dilakukan setiap 5000 km. ” Bila rotasi ban mobil sudah dilakukan maka tekanan angin pada ban harus disesuaikan pula,” ujar salah satu Service Advisor (SA) bengkel resmi Liek Toyota Surabaya.
Ban Mobil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar